Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI GUGUSDEPAN 1303.10-101 / 1303.10.102 PANGKALAN SMP ISLAM WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!
Minggu, 13 September 2020

Minggu, September 13, 2020

Hai teman-teman perkenalkan nama saya Muhammad Helmi Fuadurrohman saya dari kelas 9 di sekolah SMP Islam Watulimo. Hari ini saya akan menceritakan aktifitas dihari minggu ini tentang membudidaya kapulaga

Hari ini saya ingin menanam kapulaga karena tumbuhan ini sangat memiliki banyak manfaat dan juga khasiat. Cara penanaman tumbuhan ini juga tidak sulit hal pertama yang harus dilakukan adalah siapkan biji kapulaga, pot dan sedikit tanah, kemudian beri lubang dan masukan biji kapulaga tunggu hingga 30-45 hari.

Sirami terus biji kapulaga sampai tumbuh beberapa daun setelah anakan kapulaga sudah memiliki 2 daun segera pindahkan ke area kebun yang lembab dan agak teduh sebagian, karena tumbuhan ini akan mati kalau terpapar sinar matahari langsung.

Tanamlah anakan kapulaga sedalam 2,5 sampai 4 cm. Gali lubang sedalam 2,5 cm dengan jarak masing-masing sejauh 15-45 cm. Masukkan anakan ke setiap lubang dan kubur dengan tanah, Kalau ingin menyangga tanaman selagi tumbuh, tancapkan turus (ranting pohon) ke tanah sedalam 5 cm dari pangkal tanaman.

Biarkan tanaman tumbuh sampai 2-3 meter. Sirami terus secara teratur dan beri pupuk sesuai kebutuhan. Tunggu 2-3 tahun untuk memanen buah kapulaga lihat sampai tumbuh bungga kecil berwarna kuning ke merah-merahan. Bunga tersebut memiliki polong yang berisi 15-20 kapulaga.

Kumpulkan polongan kapulaga dengan tangan lalu jemur polongan kapulaga sampai kering dan kapulaga siap untuk dijual.

Tumbuhan Kapulaga juga banyak memiliki manfaat misalnya :
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menyehatkan paru
  • Mengatasi masalah gigi dan mulut
  • Melancarkan pencernaan
  • Menyehatkan ginjal


Sampai disini dulu cerita dari saya, mohon maaf kalau ada kekeliruan dalam penulisan kalimat. Semoga cerita saya dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan dan kesehatan juga mematuhi protokol kesehatan sekian dari saya.
Sampai jumpa di cerita selanjutnya ….!


Oleh : Muh. Helmi Fuadurrahman
Siswa Kelas 9 SMP Islam Watulimo
Tahun 2020

Silahkan Baca Juga Materi Di Bawah ini !

"Orang yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca karena membaca itu sumber hikmah; menyediakan waktu tertawa karena tertawa itu musiknya jiwa; menyediakan waktu untuk berpikir karena berpikir itu pokok kemajuan; menyediakan waktu untuk beramal karena beramal itu pangkal kejayaan; menyediakan waktu untuk bersenda-gurau karena bersenda itu akan membuat muda selalu; dan menyediakan waktu beribadah karena beribadah itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa."
----------------
(Kata Mutiara, Anonim)